Tips Sederhana Berjualan dengan Pinterest

logo pinterestPinterest adalah sebuah sosial media baru yang rilis tahun 2010 lalu. Di usianya yang masih sangat muda, Pinterest sudah mampu bersaing ketat dengan Facebook dan Twitter, baik dari sisi pengguna maupun jumlah aktivasi.

Dengan perkembangan demikian pesat, Pinterest akan menjadi salah satu pasar dunia maya yang sanat potensial dan seharusnya sangat layak menjadi wadah usaha Anda, misalkan dengan berjualan online. Tetapi bagaimana cara untuk berjualan di Pinterest?

  1. Gunakan Pin Populer yang mampu menjaring pengunjung
    Cara Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung dan follower adalah dengan memasang Pin. Tetapi jangan asal Pin, karena Pin ini harus mampu menjaring orang sekaligus mampu menjual. Jangan pula penuhi bulletin board Anda hanya dengan pin bisnis, Anda perlu memberikan pula Pin informatif dan inspiratif. Karena justru Pin jenis inilah yang paling diminati. Untuk lebih jelasnya gunakan fitur Pinterest Web Analytic.
  2. Buat Kaitan Pinterest
    Sediakan Pinterest tombol pada web atau blog Anda, buka pula Pinterest Tab di wall facebook Anda. Buka jaringan seluas-luasnya untuk mereka melihat apa yang Anda bagikan di bulletin board Anda.
  3. Template Board yang menjual
    Beberapa pakar dalam bisnis dengan Pinterest mengatakan Anda juga perlu menata tampilan board Anda. Pin yang berada di posisi awal dan tengah konon dianggap paling mudah ditemukan. Itu sebabnya Anda perlu memasang Pin produk Anda disana dan letakan pula Pin Penjaring di posisi berdekatan.
  4. Bangun jaringan
    Jangan ragu untuk terlibat dalam komunitas, memfollow follower Anda dan lakukan promosi Pin untuk rekan-rekan Anda. Kebaikan hati Anda akan menjadi nilai tambah kredibilitas Anda di dalam komunitas. Hasilnya mereka pun akan sukarela melakukan hal yang sama untuk Anda. Lumayan kan promosi gratis?
  5. Gunakan Video
    Salah satu fitur anyar di Pinterest adalah penggunaan Pin Multimedia, seperti video, screencasts dan podcasts. Anda bisa mengupload atau mengkaitkan video dari sebuah URL untuk lebih memikat pengunjung. Pada umumnya Pin Video yang diminati adalah Pin tutorial, perkenalan produk, rekaman acara atau wawancara.

Memang saat ini Pinterest belum populer di Indonesia, tetapi dengan progress yang demikian besar, kenapa Anda tidak memulai lebih awal untuk menjadikannya media berjualan. Karena dalam beberapa waktu lagi akan sangat banyak dari mereka yang juga turut  berjualan di Pinterest. Memulainya lebih awal bisa menekan persaingan kan?

Leave a Reply