Saran Google Pada Webmaster: Dapatkan Kepercayaan dari Kami Lagi!

Entah sudah berapa banyak web owner yang mengeluh bagaimana ranking website mereka tidak meningkat secara signifikan walaupun sudah banyak usaha yang dilakukan. Apakah anda juga mengalaminya? Sebenarnya apa yang salah dengan ini?

Ternyata sebuah forum khusus untuk webmaster yang bernama Google Webmaster Help punya cerita tentang ini. Seorang pemilik situs mencoba untuk melakukan disavow dan menghilangkan semua link-link “jahat” yang mengarah ke websitenya. Apa yang terjadi? Setelah apa yang dilakukannya, ternyata ranking websitenya di mata Google tidaklah terlalu terbantu. Lalu pertanyaannya: apakah semua yang kita lakukan sia-sia? Apakah Google bisa dipercaya lagi khususnya bagi kita-kita yang mengais rejeki dari mesin pencari paling wahid di muka bumi ini?

TrustMenjawab beberapa pertanyaan di atas, John Muller dari Google angkat bicara. Dia paham bagaimana webmaster merasa sangat frustrasi dengan kejadian seperti yang disebut di atas. Apa yang mereka lakukan (baca: menghilangkan link jahat secara manual) sebenarnya sudah baik.

Akan tetapi hal tersebut tidak serta merta akan menyelesaikan masalah. John Muller menambahkan bahwa algoritma Google memiliki sebuah intelegensi untuk mengetahui bahwa sebuah website bisa dipercaya atau tidak. Ibaratnya, jika anda sudah pernah mencuri sebelumnya, kemudian anda mencoba bertaubat dengan mengembalikan uang hasil curian anda, bukan berarti anda bisa langsung dipercaya pada saat itu juga. Hal ini akan butuh waktu.

Itu jugalah yang terjadi pada website anda. Sekali algoritma Google pernah mendeteksi adanya tindakan blackhat seperti penanaman link jahat pada website anda, atau bahkan beberapa kali terdeteksi, jangan berharap ranking website anda akan segera naik setelah anda “bertaubat”.

Namun, John Muller mengatakan bahwa tindakan taubat dengan membersihkan website dari beberapa hal buruk seperti yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan langkah yang baik. John juga menyarankan bagi anda untuk melakukan pembersihan secara manual bukannya dengan bantuan tool karena dikhawatirkan malah akan menambah runyam kondisi. Kemudian anda hanya perlu bersabar sampai algoritma Google menyatakan website anda “dapat dipercaya” yang kemudian akan berimbas pada naiknya ranking website anda.

Pada dasarnya, Google menginginkan webmaster untuk bermain “bersih”. Mungkin ibaratnya seperti ini, jika anda berbuat jahat pada seseorang, jangan berharap anda dapat meminta uang dari uang tersebut. Sebuah saran klise saja: jangan pernah menyerah. Kita semua pasti pernah berbuat salah dan Google menyadari hal tersebut. Semua terserah pada kita bagaimana kita menyikapi kesalahan tersebut. Apakah akan meneruskan bermain kucing-kucingan atau kembali ke jalan yang “benar”?

Bagaimana menurut pendapat anda?

Leave a Reply