Panduan Mudah Memilih Theme Blog

Memilih theme atau template adalah sebuah proses yang pasti dilakukan oleh setiap blogger. Apalagi jika anda blogger matre alias blogger pencari uang, pemilihan theme adalah sesuatu yang cukup menentukan pendapatan. Sebenarnya, fungsi theme / template tak ubahnya ibarat sebuah desain bangunan.

panduan memilih theme

Setidaknya ada 3 hal dasar yang harus diperhatikan dalam memilih theme untuk blog anda :

1. Kesesuaian dengan niche/tema blog.

Secara jenisnya, theme terdiri dari beberapa pola/format umum, yaitu : magazine, blog, company profile, portofolio, estore, dll. Pastikan anda memilih theme yang sesuai dengan jenis web yang akan dibangun. Secara tampilan dan fungsi, setiap jenis theme ini memiliki karakteristik khusus yang berbeda. Jangan menggunakan theme estore jika anda ingin membangun sebuah blog.  Namun, jika anda ingin membangun sebuah toko online, maka store/estore adalah theme yang paling cocok dan memudahkan.

2. Fitur dan Tampilan Grafis

Semakin lengkap fitur dan semakin cantik tampilan grafis sebuah theme biasanya akan berbanding lurus dengan semakin tingginya resource yang digunakan. Dalam hal ini akan sangat mempengaruhi kecepatan loading. Ini harus diperhatikan benar-benar oleh pemilik blog, bahwa lamanya loading akan berpengaruh pada performa site dan pengunjung blog anda. Apapun fitur dan tampilan grafis yang anda pilih, kecepatan harus tetap dipertahankan. Gunakan GTMetrix dan Google PageSpeed untuk memonitor performa blog anda. Jika terlalu memberatkan, sebaiknya pilihlah theme lain yang lebih ringan.

3. Gratis atau Berbayar ?

Theme gratisan tersebar di belantara internet. Namun apakah anda yakin bahwa theme tersebut 100% aman ? Jika memungkinkan gunakanlah theme premium berbayar yang memang dibuat oleh developer untuk dijual dan digunakan klien. Dengan theme premium ini, support dan update akan kita dapatan secara nyaman. Atau jika memang anda sangat terbatas secara finansial, maka periksalah dengan teliti theme yang akan anda gunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan plugin gratis disini. Jika ingin lebih mudah, gunakan saja free theme yang ada di repository wordpress dan keluarkan jurus koding untuk sedikit mengkustom theme tersebut.