Kisah Inspiratif Habibie Afsyah : Pakar IM dengan Keterbatasan Fisik

Sosok Habibie Afsyah seolah mengingatkan kita pada kata pepatah ‘do not judge the book by its cover’. Bagaimana tidak, semangat pantang menyerah mengubah disabilitasnya menjadi seorang pakar internet marketer. Kisah Habibie dimulai saat putra dari Hj. Endah Setyati ini divonis menderita Muscular Dytrophy Tipe Becker pada usianya yang belum genap setahun. Penyakit ini adalah sejenis mutasi gen systropin pada kromosom XP 21 yang membuat penderitanya menderita kelemahan otot hingga sempat divonis akan meninggal di usianya yang ke 25.

Habibie Afsyah - Kisah Inspiratif

Saat kecil hingga bersekolah di TK YPAC, TK LAB Setiabudi dan SMA Yayasan Sunda Kelapa, Habibie selalu dihadapkan pada berbagai macam ejekan dan perilaku orang yang memandang sebelah mata padanya. Setelah lulus SMA, Habibie tidak melanjutkan pendidikannya. Dia melalui 2 tahun dalam hidupnya untuk menemukan ketertarikannya. Akhirnya, sang ibu melihat ketertarikannya di bidang internet dan mendaftarkannya pada pelatihan internet selama 2 hari dengan pengajar Mr. Fabian Lim dari Singapura dengan biaya Rp 5 juta rupiah.

Tidak hanya berhenti disitu, sang ibupun mendaftarkan Habibie pada pelatihan internet tingkat lanjut pada Suwandi Chow selama 3 minggu dengan biaya Rp 15 juta dengan uang hasil penjualan mobil. Meski demikian Habibie sempat merasa belum mengerti tentang pelatihan yang didapatkannya. Habibie pun sempat belajar Photoshop pada kakaknya meski akhirnya merasa kesulitan karena harus menggunakan kedua tangannya saat melakukan teknik Photoshop. Akhirnya Habibie mempelajari kembali hasil pelatihannya dan mencoba bisnis internet marketing dengan membuat website dan menjadi affiliate Amazon.

Habibie Afsyah bersama OrangtuaSetelah kerja kerasnya, Habibie berhasil mendapatkan penjualan pertamanya pada awal tahun 2007 setelah berhasil menjual 1 PlayStation 3 dan mendapatkan komisi $24 dan cek pertamanya sebesar USD $ 120,69 pada Juli 2007. Setelah berhasil mendapat cek pertama, Habibie semakin semangat memasarkan produk Amazon hingga pendapatannya semakin meningkat hingga  mencapai USD $ 2,169 pada Desember 2007. Usaha Habibie bukanlah tanpa halangan, krisis ekonomi global di pertengahan 2008 sempat membuat penghasilannya turun drastis. Namun Habibie tidak mau berpangku tangan begitu saja hingga akhirnya dia membuat situs jual beli properti www.rumah101.com.

Habibie juga membuat e-book berjudul Sukses dari Amazon yang kemudian menuai sukses sehingga bisa mendapatkan keuntungan hampir mencapai Rp. 100 juta. Seiring dengan kondisi ekonomi global yang membaik, pendapatan Amazon Habibie membaik hingga mencapai pendapatan sebesar USD $ 288,078 dalam rentang waktu April hingga Juli 2011.

habibie afsyah bersama Andy F NoyaTekad Habibie yang kuat tidak membuatnya puas dengan pencapaiannya sehingga dia mulai menekuni bisnis AdSense. Dengan berbekal 3 website Adsense yang bertema otomotif maka pada akhirnya Habibie berhasil mendapatkan penghasilan sebesar USD 13,350 sepanjang tahun 2011. Tidak hanya itu, Habibie juga mengikuti beragam kursus internet seperti Dokterpim, Eprofitmatrix dan Indonesia Bootcamp untuk meningkatkan kemampuannya.

Keberhasilan Habibie bahkan membuatnya menjadi salah satu trainer di Eprofitmatrix bersama gurunya, Suwandi Chow di usianya yang masih 20 tahun. Namun yang lebih hebat lagi dan layak dikagumi dari sosok Habibie adalah keinginannya yang tidak hanya sebatas menjadi mandiri secara finansial tetapi juga membuat wadah bagi para penyandang disabilitas lainnya agar bisa menemukan potensi diri seperti dirinya. Yayasan Habibie Afsyah adalah buktinya. Ketidak sempurnaan bukanlah penghalang sebagaimana yang diungkapkan oleh Habibie saat diundang dalam talk show Kick Andy.

“Saya juga melalui perjalanan yang panjang dan tidak mudah karena disabilitas saya membuat apa yang saya lakukan jauh lebih susah bahkan dua kali lipat dari orang normal.” Sepenggal kata dari Habibie Afsyah, sosok inspiratif yang seharusnya menyadarkan kita bahwa kesuksesan pada hakikatnya adalah milik semua orang yang mau untuk berusaha dan bekerja keras.

Leave a Reply