Gunakan Google Disavow Tools Saat Anda Mengalami 8 Hal Ini

Google Disavow Links Tool adalah sebuah layanan google yang disediakan bagi¬† para webmaster untuk melaporkan atau memberitahukan pada Google dan meminta Google mengindahkan/mengingkari atau menghapus dari index, segala link aneh, berkualitas rendah, termasuk spam link yang mengarah pada websitenya. Tujuan utama dari tool ini adalah untuk mempersenjatai webmaster agar aman dari Negatif SEO yang dilakukan oleh orang lain (biasanya kompetitor) dan dampak ‘random’ update algoritma Google.

google disavow links tool

Lalu, kapan sebenarnya saat yang tepat untuk menggunakan Google Disavow Links Tool ini ? Apakah hanya kita gunakan saat terkena penalti Google ? Saat terkena dampak update algoritma? atau setelah mendapat notifikasi manual action ?

Matt Cutts memberikan penjelasan mengenai 8 kondisi yang paling tepat untuk menggunakan Google Disavow Links Tool dalam video berikut :

Dalam video diatas, Matt Cutts secara jelas menyebutkan setidaknya ada 8 (delapan) kondisi yang paling tepat bagi para webmaster untuk menggunakan fasilitas Google Disavow Links Tool, yaitu :

  1. Jika anda mendapatkan email notifikasi Manual Action dari Google (via email atau Google Webmaster).
  2. Jika pemilik website/webmaster (yang mengarahkan linknya pada web anda) tidak mau menghapus atau meminta ‘bayaran’ untuk menghapus link tersebut.
  3. Jika anda merasa khawatir dan curiga ada Negatif SEO pada web anda.
  4. Jika anda melihat banyak link dari situs yang tidak berhubungan/tidak sesuai yang mengarah pada situs anda.
  5. Jika anda mengalami serangan bom link (ribuan link secara tiba-tiba maupun berkala) yang mengarah pada website anda.
  6. Jika anda merasa khawatir ada kompetitor/orang lain yang melaporkan web anda sebagai webspam.
  7. Jika ranking web anda turun drastis / traffic terjun bebas dan anda merasa terkena imbas atau dampak dari update algoritma Google.
  8. Jika anda tak bisa tidur nyenyak di malam hari akibat memikirkan link yang mengarah pada website anda.

Lantas bagaimana cara menggunakan Google Disavow Links Tool ini ? Kita akan bahas pada artikel selanjutnya : Panduan Cara Menggunakan Google Disavow Links Tool.

 

Leave a Reply