Facebook untuk Branding Bisnis Anda – 2

facebook-logoPada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai 4 cara pertama dalam memanfaatkan facebook untuk branding bisnis. Pada kesempatan ini, saya kembali akan meneruskan informasi tersebut dengan 4 cara berikutnya dalam memanfaatkan facebook sebagai branding bisnis.

Branding bisnis adalah cara pelaku usaha membangun brand atau citra dari usaha di mata masyarakat. Dengan kemampuan facebook sebaga jalur paling cepat dan mudah dalam berkoneksi dengan masyarakat/konsumen , maka facebook bisa menjadi salah satu cara efektif dalam melakukan branding bisnis.

Melakukan branding bisnis dengan facebook sebetulnya sederhana, tetapi tetap membutuhkan langkah-langkah khusus. Setelah 4 cara sebelumnya, berikut ini 4 tips selanjutnya dalam memanfaatkan facebook sebagai media branding bisnis.

  1. Komunikasi 2 arah
    Ketika page facebook mulai memiliki likers, pada umumnya konten akan mulai mendapat perhatian dari likers. Salah satu bentuk perhatian mereka adalah dengan pemberian tanda like atas konten atau memberikan komentar. Untuk setiap tanggapan, Anda perlu pula memberikan tanggapan positif balik, apalagi bila tanggapan ini berupa pertanyaan. Ketika Anda mengabaikan pertanyaan dan komentar mereka, mereka akan mencari ke page lain pesaing Anda. Ingat, dengan pasar demikian besar, sudah pasti peta persaingan pun turut pula besar.
  2. Branding dengan event
    Anda perlu meramaikan page Anda dengan beberapa event yang akan memberi likers keinginan untuk aktif. Bisa dengan kontes, program-program promosi atau survey-survey. Cara ini akan membuat page semakin banyak mendapatkan likers, semakin aktif dan disukai para likersnya. Selain itu, event bisa menjadi sarana komunikasi halus akan branding yang Anda lakukan.
  3. Branding dengan manfaat
    Bila page facebook bisnis Anda sarat akan informasi yang penting untuk likers Anda, up to date dan mampu memberi mereka solusi di dunia nyata, maka page Anda dan tentu saja bisnis Anda akan mendapatkan citra positif yang baik untuk usaha. Jadi jangan ragu berbagi tips dan trik, berita-berita positif atau sekedar kata—kata membangun.
  4. Nilai facebook page
    Apapun itu, jangan pernah melakukan sebuah aktivitas pemasaran tanpa sebuah parameter pengukur keberhasilan. Jadi Anda harus secara periodik meninjau ulang sejauh mana perkembangan page tersebut. Berapa peingkatan likers, bagaimana intensitas interaksi dan bagaimana komentar-komentar yang masuk. Anda perlu tau sejauh mana keberhasilan branding Anda, apa yang salah dan apa yang sudah dalam jalur.

OK….itu tadi 4 tips terakhir dalam memanfaatkan facebook sebagai jalur branding bisnis. Facebook memang sudah memiliki serangkaian sarana yang cukup memadai sebagai media promosi dan pemasaran. Semua tinggal kembali ke Anda dalam memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Leave a Reply