Backlink dari Blog Comment, Masih Baguskah ?

Metode backlink yang punya nama lain ‘blogwalking’ ini adalah salah satu metode backlinking tertua di dunia SEO. Konsepnya sederhana, mengunjungi blog orang lain dan memberikan komen sambil menyisipkan link kita. Dan jika fitur komen pada blog tersebut diset auto-approve oleh si pemilik blog, menancaplah link kita disana. Jika tidak, maka komen kita masih pending alias belum live alias belum nongol. Andai demikian, bersabarlah dan berharap si empunya blog khilaf dan meng-approve komen kita (walaupun faktanya jarang terjadi hehehe…).

contoh blog comment

Jadi solusinya adalah, temukan blog yang AA (auto-approve)! Sulit ? Tidak juga, dengan sedikit usaha agan bisa menemukan list blog AA yang di share di beberapa forum IM terkenal. Atau jika agan punya sedikit modal, list AA bisa dibeli dari web-web tertentu (silakan gugling sendiri yaa..). Apa ada bedanya list gratisan dengan list hasil beli ? Ada. Biasanya list gratisan sudah penuh dengan ratusan atau bahkan ribuan komen spam, sementara list hasil beli atau scrape sendiri relatif lebih segar sehingga, komen-komen spam belum terlalu banyak.

Berdasarkan caranya, blogwalking bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu manual dan auto. Manual, kita buka satu per satu di browser, isi form, lalu komentar pada kolom yang disediakan. Sedangkan cara auto adalah dengan menggunakan tool bantuan untuk melakukan seluruh prosesnya. Untuk urusan blog commenting ini, tool terbaiknya adalah Scrapebox yang sudah sangat populer di kalangan IM dan praktisi SEO.

Di jaman Hummingbird yang katanya mesin AI nya G00gle ini, apakah metode backlink blog comment masih works ?

Pertanyaan itu harus dijawab dengan praktek sendiri jika agan ingin membuktikannya. Namun dari pengalaman beberapa praktisi SEO, bahwa bukan metode yang penting saat ini, pemahaman dan teknik kreatif kita yang akan membedakannya. Sehingga apapun jenis backlink dan metode nya, kalo kita menerapkannya secara membabi buta dan tanpa kreatifitas, maka dance, sandbox atau bahkan deindex sangat mungkin menimpa.

Untuk itu, yuk kita pahami sedikitnya lima hal sebelum melakukan blogwalking agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Komposisi Anchor Text

Penggunaan keyword bidikan sebagai anchor text memang diperlukan, namun di era burung pintarnya g00gle ini, banyak master SEO yang menyarankan agar porsinya dikurangi.

Contohnya, jika kw bidikan kita adalah resep kue bolu, maka komposisi anchor text yang terbaik adalah :

  • 30% resep kue bolu
  • 30% LSI keyword (contoh : bolu kukus enak, resep bolu kukus, cara membuat bolu dsb)
  • 20% generic anchor (klik disini, silakan kunjungi, klik ini dll)
  • 20% naked url (domainagan.com , www.domainagan.com)

Perhatikan Suasana Lingkungan

Suasana lingkungan tempat link menancap juga harus diperhatikan secara seksama. Komen dan menancapkan link di situs yang rawan (porno, judi, farmasi, agc, autoblog dll) bukannya memberi nilai positif malah justru bisa menjatuhkan blog kita sendiri. Selain itu sebaiknya pertimbangkan pula niche blog yang sesuai/related dengan blog kita. Backlink dari blog seniche dianggap lebih baik dibanding dari blog yang jauh berbeda niche.

Lihat Jumlah OBL (Outbound Link)

Semakin tinggi jumlah OBL suatu halaman, semakin berisiko terkena flag oleh G00gle sebagai halaman penuh spam, yang akhirnya malah justru bisa jadi bumerang bagi blog kita. Selain itu semakin tinggi OBL, maka semakin rendah kualitas passing-juice yang akan diterima oleh blog kita. Saya menyarankan untuk hasil yang terbaik, carilah halaman komentar dengan OBL maximal 50.

PR di aktual page

Semakin tinggi PR di aktual page tempat kita komen dan menancapkan link, makin baik pengaruhnya bagi blog kita.

Diversifikasi Referring Domain

Ilustrasinya begini, komentar di 5 halaman dalam satu blog dihitung sebagai satu reffering domain (majesticseo). Maka lebih baik komen di 1 halaman pada 5 blog berbeda, artinya lima reffering domains. Dan lebih baik lagi jika IP dari 5 blog tersebut berbeda-beda.

Setelah membaca ini, semoga agan bisa langsung praktek dan mendapatkan hasil terbaik dari backlink dengan metode blog commenting ini.

Salam 🙂

Leave a Reply