Andrew Darwis – Kasak-kusuk Kerinduan yang Berbuah Sukses

Kehidupan orang sukses selalu menarik untuk dibahas. Berbagai pengalaman dan perjalanan meraih kesuksesan sangat menginspirasi.  Salah satunya adalah Andrew Darwis.  Andrew Darwis adalah contoh pemuda yang meraih sukses di jagat maya, khususnya Indonesia.  Beliau adalah pendiri (founder) dari sebuah forum komunitas online dan terbesar yang ada di Indonesia saat ini yaitu  Kaskus. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan forum yang kini sudah memiliki jutaan member dan dikunjungi oleh lebih dari 1 Juta unik visitor setiap harinya ini.  Nah, mari kita simak perjalanan suksesnya !

andrew-darwis-pendiri-kaskusAndrew Darwis, adalah pria kelahiran Jakarta, 20 Juli 1979 dari pasangan Antonius Darwis (ayah) dan Nancy Amidjoyo (ibu) serta memeluk keyakinan Katolik.  Andrew Darwis menamatkan pendidikan Sekolah Dasarnya di Tarakanita (Pluit). Dilanjutkan ke SMP Tarakanita lalu ke Gandhi National School untuk SMA-nya.  Beliau juga sempat menempuh pendidikan di bidang Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara tahun 1998.  Beliau kemudian melanjutkan studynya di Art Institute of Seattle pada tahun 1999 hingga 2003 dengan mengambil jurusan Multimedia & Web Design.  Tidak sampai disitu, beliau tetap melanjutkan studynya di Seattle University pada tahun 2004 hingga 2006 dan mengambil bidang Master of Computer Science.

Andrew  Darwis kini menjabat sebagai Chief Technology Officer atau CTO dari PT Darta Media Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan Kaskus.  Beliau juga sekaligus  berperan sebagai owner atau pemilik dari Kaskus Network melalui PT Darta Media Indonesia.  Andrew Darwis mengawali karirnya sebagai pekerja paruh waktu pada bidang web design di dua situs yaitu Indotradezone.com dan kemana.com pada tahun 1998.  Selanjutnya beliau bekerja sebagai Web designer Thor Loki, di Seattle Amerika Serikat pada tahun 2003 hingga 2006.  Pada tahun 2007 hingga 2008 beliau bekerja sebagai web designer di situs lyrics.com di Seattle Amerika Serikat.

Awal mula didirikannya Kaskus adalah saat Andew menempuh pendidikan di sebuah  uniersitas terkenal di Amerika Serikat, yaitu Seattle University.  Andrew mendirikan Kaskus pada tanggal 6 November 1999.   Mulanya, Andrew ditugaskan oleh salah seorang dosennya untuk membangun sebuah program free software.  Kemudian beliau terinspirasi membuat sebuah website forum bernama Kaskus.

Kaskus sendiri berawal dari istilah Kasak Kusuk yang memiliki makna ngegosip.  Saat itu beliau hanya memiliki modal awal US$ 3 atau setara dengan 30.000 rupiah. Sebagai modal untuk menyewa sebuah server.  Kemudian bersama dua rekannya Budi dan Ronald, ia membuat portal mengenai informasi maupun berita tentang Indonesia.  Web Portal tersebut ditujukan untuk melepaskan kerinduan warga Indonesia yang sedang hidup di luar negeri.

Dalam membangun Kaskus, Andrew benar-benar mulai dari nol.  Di awal-awal berdirinya, jika server down, ia sendiri yang langsung turun tangan untuk memperbaikinya mengingat pada saat itu beliau belum mempunyai karyawan.  Lambat laun akhirnya Kaskus mulai mendapat kepercayaan dari banyak pihak termasuk berbagai  klien besar.  Kaskus pun launching pada bulan Desember 2008 dan selang waktu 2 bulan, Kaskus menjadi sebuah perusahaan profesional dengan bendera PT. Darta Media Indonesia.

Berbagai penghargaan telah diraih Andrew Darwis.  Mulai dari The Best Indonesian Communities versi Wikipedia dan Alexa.com pada tahun 2005 dan 2006.  Disusul dengan Indonesia Inovative Top Web Site dari Microsoft di tahun 2008.  Pada tahun 2009 Kaskus dinobatkan sebagai The Online Inspiring Award oleh Indosat.  Yang lebih membanggakan lagi,  Kaskus dinobatkan oleh Presiden RI sebagai The Big Place Market pada 2012.

Sebuah karya anak bangsa yang begitu membanggakan dan inspirasi bagi para generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi.  Kini, kerinduan Andrew telah berubah menjadi sebuah bisnis sukses. Namun ia tak berhenti, dirinya berkeinginan untuk terus mengembangkan Kaskus hingga masuk kedalam jajaran website kelas atas dunia dan merambah pangsa pasar mancanegara.

Leave a Reply