4 Tips Simpel Memilih Hosting Terbaik

4 tips memilih hostingPemasar Internet (terjemahan bebas dari Internet Marketerred) pasti paham benar bahwa hosting adalah sesuatu yang sangat vital. Salah dalam memilih dan menyewa bisa amat fatal akibatnya. Disinilah markas alias kantor kita di dunia maya. Jika hosting yang kita sewa bermasalah, kerugian sudah didepan mata. Bahkan bukan tidak mungkin bisa ‘membunuh’ usaha yang sudah/sedang kita bangun.

Berdasarkan jenisnya, hosting terbagi dua yaitu free hosting (hosting gratis) dan paid (berbayar). Untuk pemasar internet yang serius, menggunakan hosting gratis adalah sesuatu yang SANGAT DIHINDARI. Jika diibaratkan, hosting gratis sama dengan menumpang, sehingga layaknya penumpang, posisi kita sangat lemah dan rentan. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita tidak bisa berharap banyak dan harus nrimo (ya wong numpang gratis.. mana bisa protes..). Belum lagi keterbatasan kapasitas, fitur dan juga script atau ads si empunya yang hampir pasti akan nongol di website kita. Singkatnya, jangan pernah menggunakan hosting gratisan untuk bisnis kita!

Langsung saja , berikut ini 4 tips dasar dan sederhana untuk memilih hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita:

1. Pilihlah Penyedia Jasa Hosting yang berbentuk Perusahaan, bukan Reseller

Saat ini penyedia jasa hosting di jagat maya sangat amat banyak. Ada yang berbentuk perusahaan yang terdaftar secara legal dan ada pula yang berdiri sebagai reseller atau penjual-ulang. Tanpa bermaksud merendahkan kualitas reseller hosting, sebaiknya kita memilih penyedia hosting yang sudah berbentuk perusahaan yang tentu sudah terdaftar secara hukum.  Hal ini demi keamanan dan kenyamanan kita sendiri nantinya.

2. Pilih Lokasi Server / Data Center yang Sesuai dengan Target Pengunjung Website Kita

Pilihlah lokasi server yang sesuai dengan target visitor website kita. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung kita akan lebih cepat dalam mengakses website kita. Jika kita membangun website untuk target Indonesia, kita bisa memilih perusahaan penyedia jasa hosting lokal seperti jagoanhosting, idwebhost, dracoola dan lain-lain. Sedangkan untuk target luar negeri sangat banyak pilihannya, diantaranya yang populer yaitu : Hostgator, Hawkhost, Stablehost, JaguarPC dll. Rata-rata mereka memiliki beberapa data center yang bisa kita pilih, misal Dallas, Miami, Phoenix, dll.

3. Pilih Kapasitas dan Fitur yang Sesuai dengan Kebutuhan Kita

Umumnya penyedia hosting menawarkan paket-paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kita dapat menghitung kebutuhan kita, lalu pilih periode pembayaran yang kita sanggupi. Lalu bagaimana cara menghitung kapasitas dan kebutuhan sebuah website ? Baca disini.

4. Baca Review Hosting – Bandingkan Harga dengan Paket dan Kualitas Support

Setelah kita menentukan lokasi dan kebutuhan kita, kini saatnya untuk duduk sejenak dan menghirup secangkir kopi. Yap ! Silakan buka browser kita lalu gugling review hosting yang terhampar begitu banyak. Take your time, jangan tergesa-gesa dan bandingkan review-review tersebut. Jangan lupa amati dengan cermat setiap paket hosting yang ditawarkan. Jika memungkinkan, lakukan chat dengan support, agar kita tahu kualitas Customer Support -nya.Teliti sebelum membeli. Setelah cukup yakin, klik order button, bayar dan beberapa menit kemudian, detail hosting sudah dikirimkan ke email kita.

Salam Pemasar!

Leave a Reply